Khutbah

TIGA TIPOLOGI ORANG BERIMAN

Dr. Sulaiman Al-Kumayi

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَه‘ شَرِيْكٌ فِى اْلمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَه‘ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيْرًا. وَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ شَـهَادَةً تَـنَالُ قَائِلَهَا خَيْرًاكَثِيْرًا. وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَناَ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ نَبِيُّ اْلكَرِيْمِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ فَازُواْ فَضْلَ اْلهِدَايَةِ وَاْلكَرَامِ. صَلاَةً وَسَـلاَمًا دَآئِمَيْنِ وَمُلاَزِمَيْنِ مَادَامَ اْليَوْم. وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. اَمَّابَعْدُ فَـيَاعِـبَادَاللهِ اِتَّقُوْا اللهَ حَـقَّ تُـقَاتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. قَالَ اللهُ تَـعَالَى:

Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. yang demikian itu adalah karunia yang amat besar (QS. Fathir/35: 32).

Merujuk firman Allah di atas, orang beriman dapat dibagi dalam tiga kelompok. Pertama, zhālimun linafsih (menganiaya diri mereka sendiri), yakni orang-orang mukmin yang terkadang meninggalkan kewajiban dan melakukan perbuatan dosa besar. Di lain pihak, kelompok ini mengabaikan peringatan Rasulullah SAW berikut ini:

 

Gunakanlah lima perkara sebelum lima perkara lainnya, yaitu: hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, senggangmu sebelum sibukmu, mudamu sebelum tuamu, kayamu sebelum miskinmu (HR. Al-Baihaqi melalui Ibn Abbas RA).

Jangan bersedih dengan keruwetan hidup, sebab memang demikianlah kehidupan itu diciptakan. Pada dasarnya kehidupan ini adalah susah payah dan bercapek-capek. Kegembiraan yang ada di dalamnya adalah sesuatu yang inside ntil, dan suka cita juga merupakan sesuatu yang sangat jarang terjadi. Anda merasakan Seandainya dunia ini bukan tempat ujian, pastilah di dalamnya tidak ada sakit dan keruwetan hidup. Dan, para nabi serta orang-orang terpilih tidak akan tertekan dalam kehidupan yang sempit. Adam terus didera ujian selama hidupnya hingga dia meninggal. Nuh didustakan dan diejek oleh kaumnya. Ibrahim diuji dengan api dan dengan perintah menyembelih anaknya, Ya’qub menangis hingga matanya buta, Musa menerima kekejaman Fir’aun dan menerima ujian berat dari kaumnya sendiri. Isa bin Maryam hidup dalam kesusahan dan fakir, dan Muhammad harus bersabar dengan kafakiran yang dia alami. Pamannya Hamzah terbunuh padahal dia adalah salah satu keluarga dekatnya yang paling dia cintai. Rasulullah juga diusir oleh kaumnya. Dan masih banyak lagi cerita menyedihkan yang dialami oleh nabi-nabi yang lain, yang tidak mungkin disebutkan satu per satu di sini. Dan, kalau pun dunia ini diciptakan untuk kelezatan maka orang mukmin tidak berhak mendapatkan kelezatan itu. Sebab Rasulullah pernah bersabda, “Dunia ini adalah penjara [bagi] orang mukmin dan surga [bagi] orang-orang kafir.” Di dunia inilah orang-orang yang shaleh dipenjarakan, para ulama mendapat ujian dan cobaan, para wali-wali terhormat disengsarakan, dan minuman-minuman para shadiqin dikeruhkan.

Kedua, muqtashid (yang pertengahan), yakni orang mukmin yang merasa cukup dengan melaksanakan segala kewajiban yang telah dibebankan oleh Allah swt. kepada mereka.

Ketiga, as-sābiqūna bilkhairāt (orang-orang yang bersegera berbuat kebaikan). Mereka tidak puas hanya dengan melaksanakan kewajiban yang telah diwajibkan Allah kepada mereka. Mereka ingin meraih kedekatan dengan Allah dengan melaksanakan ibadah yang sifatnya sunnah.  Mereka penuhi panggilan Allah:

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (QS. Al-Isra/17: 79).

Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik. (QS. Al-Isra/17: 19).

لاَتَزُوْلُ قَدَمَا عَبْدٍ حَتّٰى يُـسْأَلَ: عَنْ عُمْرِهِ فِيْمَااَفْنَاهُ؟ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيْمَا فَعَلَ فِيْهِ؟ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ اَيْنَ اكْتِسَبَهُ؟ وَ فِيْمَا اَنْفَقَهُ؟ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيْمَا اَبْلاَهُ؟ (رواه الترمذى)

Tidak henti-hentinya seseorang itu berdiri (pada hari kiamat) sehingga ia ditanya tentang: usianya, untuk apa dihabiskannya? Ilmu pengetahuannya, untuk apa dipergunakannya? Hartanya darimana ia memperolehnya? Dan untuk apa dinafkahkannya? Dan badannya untuk kepentingan apa dikerjakan hingga tuanya? (HR. at-Turmidzi).

Dalam derajat tertentu, mereka ini akan sampai pada derajat wali Allah, seperti sabda Nabi SAW:

مَنْ عَادَى لِيْ وَلِيًّا فَقَدْ بَارَزَنِيْ بِالْمُحَارَبَةِ وَمَاتَقَرَّبَ إِلَيَّ عَبْدِيْ بِأَحَبِّ مِمَّا افْتَرَضْتُهُ عَلَيْهِ وَلاَيَزَالُ عَبْدِيْ يَتَقَرَّبَ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ اَلَّذِي يَسْمَعُ بِهِ وَبَصَرَهُ اَلَّذِي يُيْصِرُ بِهِ وَيَدَهُ الَّتِيْ يَبْطِشُ بِهَا وَرِجْلَهُ اَلَّذِيْ يَمْشِيْ بِهَا وَلَئِْنْ سَأَلَنِيْ لأَِ عْطِيَنَّهُ وَلَئِْنِ اسْتَعَاذَنِيْ لأُِعِيْذَنَّهُ (رواه البخاري)

Siapa yang memusuhi kekasih-Ku, maka ia telah menyatakan perang dengan-Ku. Tidaklah hamba-Ku mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan sesuatu yang paling dicintainya dari apa yang telah Aku wajibkan kepadanya, dan tidak henti-hentinya hamba-Ku mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan sesuatu yang sunnah sehingga Aku mencintainya dan jika Aku telah mencintainya, maka Aku menjadi pendengarannya yang dengannya ia mendengar, penglihatannya yang dengannya ia melihat, tangannya yang dengannya ia menampar, dan kakinya yang dengannya ia berjalan. Jika ia meminta kepada-Ku pasti Aku akan memenuhi permintaannya dan jika ia meminta perlindungan-Ku pasti Aku akan melindunginya (HR. Bukhari).

باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِيِمْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

الخطبة الثانى

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ تَعْظِيْمًا لِشَأْنِهِ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ، اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَِثيْرًا. اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَزَجَرَ.وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَْلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ.

اَللَّهُمَّ اَدْخِلْ عَلَى اَهْلِ اْلقُبُوْرِ السُّرُوْرَ، اَللَّهُمَّ اَغْنِ كُلَّ فَقِيْرٍ، اَللَّهُمَّ اشْبِعْ كُلَّ جَائِعٍ، اَللَّهُمَّ اكْسِ كُلَّ عُرْيَانٍ، اَللَّهُمَّ اقِضِ دَيْنَ كُلِّ مَدِيْنٍ، اَللَّهُمَّ فَرِّجْ عَنْ كُلِّ مَكْرُوْبٍ، اَللَّهُمَّ رُدَّ كُلَّ غَرِيْبٍ، اَللَّهُمَّ فُكَّ كُلَّ اَسِيْرٍ، اَللَّهُمَّ اَصْلِحْ كُلَّ فَاسِدٍ مِنْ اُمُوْرِ اْلمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ اشْفِ كُلَّ مَرِيْضٍ، اَللَّهُمَّ سُدَّ فَقْرَنَا بِغِنَاكَ، اَللَّهُمَّ غَيِّرْ سُـوْءَ حَالِنَا بِحُسْنِ حَالِكَ، اَللَّهُمَّ اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَاَغْنِنَا مِنَ اْلفَقْرِ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

اَللّهُمَّ لاَتَدَعْ لَنَا فِى مَجْلِسِنَا هَذَا ذّنْـبًاإِلاَّ غَـفَرْتَهُ. وَلاَهَـمًّاإِلاَّفَرَجْتَهُ. وَلاَعَـيْبًاإِلاَّسَـتَرْتَهُ. وَلاَعُـسْرًا إِلاَّ يَـسَّرْنَهُ. وَلاَ جَـهْلاً إِلاَّ عَلَّمْتَهُ. وَلاَ ضّـلاًّ إِلاَّ هَـدَيْتَهُ. وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا مِنْ حَـوَائِجِ الدُّنْـيَا وَ اْلآخِرَةِ إِلاَّ قَـضَيْتَهَا يَارَحْمٰنُ يَارَحِيْمُ يَامُجِـيْبَ الدَّعَوَاتِ يآاَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ.

رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرُ.

[]

Leave a comment